Ragam Makanan Khas Bali yang Bisa Kamu Temukan di Warung Pinggir Jalan

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman kuliner yang menggugah selera. Setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri yang unik dan lezat. Salah satu daerah yang terkenal dengan makanan khasnya adalah Bali. Pulau Dewata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang memesona, tetapi juga ragam kuliner yang menggoda lidah. Jika kamu berkunjung ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khas Bali yang bisa kamu temukan di warung pinggir jalan.

Warung pinggir jalan adalah tempat yang populer di Bali untuk menikmati makanan lokal yang autentik. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai hidangan yang mencerminkan kekayaan budaya Bali. Mulai dari hidangan daging, makanan laut, sayuran, hingga hidangan manis, semuanya ada di warung pinggir jalan. Makanan-makanan ini biasanya disajikan dengan harga terjangkau, sehingga cocok bagi wisatawan dengan anggaran terbatas.

Salah satu makanan khas Bali yang wajib kamu coba adalah babi guling. Babi guling adalah hidangan daging babi yang dipanggang dengan rempah-rempah khas Bali. Rasa daging yang lembut dipadu dengan kelezatan bumbu membuat babi guling menjadi hidangan yang sangat populer di Bali. Kamu bisa menemukan babi guling di banyak warung pinggir jalan di Bali dengan harga yang terjangkau. Pastikan untuk mencicipi hidangan ini saat kamu mengunjungi pulau ini.

Babi Guling Bali

Masih dalam tema daging babi, sate lilit juga merupakan hidangan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan. Sate lilit terbuat dari daging babi cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali, seperti serai, daun jeruk, dan kemiri. Daging babi yang telah dibumbui kemudian dililitkan pada batang serai atau bambu sebelum dipanggang. Proses pemanggangan ini memberikan aroma dan rasa yang khas pada sate lilit. Jangan lupa mencicipi sate lilit saat mencoba makanan khas Bali di warung pinggir jalan.

BACA JUGA:  Nikmatnya Sensasi Street Food Thailand di Kota Bangkok
Sate Lilit Bali

Untuk kamu yang menyukai makanan laut, jangan lewatkan pepes ikan. Pepes ikan adalah hidangan ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan laut seperti tenggiri atau kakap. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan aromatik karena bumbunya meresap ke dalam ikan selama proses pengukusan. Kamu bisa menikmati pepes ikan di warung pinggir jalan di Bali dengan cara makan langsung dari daun pisangnya. Rasakan sensasi kenikmatan makanan laut khas Bali yang segar dan lezat.

Selain hidangan-hidangan tersebut, masih banyak lagi makanan khas Bali yang bisa kamu temukan di warung pinggir jalan. Misalnya, nasi campur Bali. Nasi campur Bali adalah hidangan nasi yang disajikan dengan beragam lauk-pauk khas Bali, seperti ayam betutu, lawar, sate, telur, dan sambal matah. Setiap warung pinggir jalan memiliki variasi nasi campur Bali yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa menikmati kombinasi rasa yang beragam.

Nasi Campur Bali

Tidak hanya makanan berat, di warung pinggir jalan kamu juga bisa menemukan makanan ringan yang lezat, seperti jaja laklak. Jaja laklak adalah jajanan tradisional Bali yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang dibakar. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat jaja laklak menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang. Kamu bisa menikmati jaja laklak di warung pinggir jalan sebagai penutup setelah menikmati hidangan utama.

Jaja Laklak Bali

Jadi, jika kamu berkunjung ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba ragam makanan khas Bali yang bisa kamu temukan di warung pinggir jalan. Dari babi guling yang lezat, sate lilit yang menggugah selera, pepes ikan yang segar, nasi campur Bali yang beragam, hingga jaja laklak yang manis. Kuliner Bali akan memanjakan lidahmu dan memberikan pengalaman gastronomi yang tak terlupakan.

BACA JUGA:  Mengenal Kelezatan Street Food di Surabaya: Kuliner Jalanan yang Menggoda Lidah

You May Also Like

About the Author: Dewi handayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *