Mengenal Kelezatan Street Food di Surabaya: Kuliner Jalanan yang Menggoda Lidah

Pencinta kuliner tentu tidak bisa melewatkan pesona road meals di Surabaya. Kota ini menyimpan berbagai macam kelezatan kuliner jalanan yang mampu memikat lidah siapa saja yang mencobanya. Dari soto Madura yang gurih hingga rujak cingur yang segar, setiap hidangan road meals di Surabaya memiliki cita rasa yang khas dan tak terlupakan.

Tak hanya lezat, road meals di Surabaya juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik. Anda dapat menikmati hidangan favorit di pinggir jalan dengan suasana yang ramai dan meriah. Berbagai pedagang kaki lima menyajikan hidangan dengan cara yang autentik, menggoda selera para pengunjung. Jika Anda ingin menjelajahi dunia kuliner Surabaya, inilah beberapa road meals yang wajib Anda coba.

Soto Madura: Kelezatan yang Menghangatkan

Soto Madura

Soto Madura adalah salah satu road meals yang paling terkenal di Surabaya. Soto ini memiliki kuah kaldu yang kaya rempah dan disajikan dengan potongan daging sapi, suwiran ayam, tauge, dan bawang goreng. Tak lengkap rasanya jika tidak ditambahkan dengan sambal khas Madura yang pedas.

Rasa gurih dan hangatnya kuah soto Madura mampu menghangatkan perut dan hati, terutama saat disantap di pagi hari. Soto Madura biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi putih, membuatnya menjadi hidangan yang sangat mengenyangkan. Jika Anda mengunjungi Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba soto Madura yang nikmat ini.

Rujak Cingur: Paduan Manis Asam yang Menyegarkan

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah kuliner khas Surabaya yang menggabungkan rasa manis, asam, dan gurih dalam satu hidangan. Rujak ini terbuat dari bahan-bahan segar seperti irisan mentimun, tauge, kangkung, kerupuk, dan tentu saja, potongan cingur yang terbuat dari hidung sapi yang direbus.

BACA JUGA:  Nikmatnya Sensasi Street Food Thailand di Kota Bangkok

Sensasi rasa yang dihasilkan dari campuran bumbu rujak dan cingur membuat hidangan ini sangat menyegarkan. Ditambah dengan kerupuk yang renyah dan pelengkap seperti petis, bawang goreng, dan kacang tanah, rujak cingur menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Surabaya.

Rawon: Kelezatan Hitam yang Menggoda Selera

Rawon

Rawon adalah hidangan khas Jawa Timur yang sangat populer di Surabaya. Hidangan ini terkenal karena kuahnya yang berwarna hitam pekat dan memiliki aroma yang khas. Kuah rawon dibuat dari bumbu rempah seperti kluwak yang memberikan warna dan cita rasa unik.

Dalam hidangan rawon, biasanya disajikan potongan daging sapi yang empuk dan tulang sumsum yang memberikan rasa gurih yang lezat. Tak lengkap rasanya jika tidak disantap dengan nasi hangat, tauge, daun bawang, dan sambal. Kelezatan rawon ini membuatnya menjadi salah satu road meals yang paling dicari di Surabaya.

Lontong Balap: Gurihnya Racikan Kacang dan Kerupuk

Lontong Balap

Avenue meals lain yang patut Anda coba di Surabaya adalah lontong balap. Hidangan ini terdiri dari lontong yang diisi dengan tauge, tahu goreng, lentho (perkedel kacang hijau), dan kerupuk. Semua bahan tersebut disiram dengan kuah kacang yang gurih dan bumbu petis yang khas.

Racikan kacang dan kerupuk pada lontong balap memberikan perpaduan tekstur yang lezat, gurih, dan renyah. Hidangan ini biasanya ditambahkan dengan taburan bawang goreng dan sambal, sehingga memberikan tambahan rasa pedas yang menggoda lidah. Jika Anda menyukai kuliner yang kaya rasa dan tekstur, lontong balap adalah pilihan yang tepat.

You May Also Like

About the Author: Dewi handayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *